10.5.5

Setelah beberapa saat angkrem karena mendapati bahwa iAtkos v4i yang saya instal menggantikan kalyway 10.5.2 sudah berjalan dengan baik dan benar. Tiada hal-hal berarti yang membuat saya harus pontang-panting mencari solusi di berbagai milis Hackintosh.

Di iAtkos v4i, semua peripheral yang saya pasang umumnya terdeteksi dan berjalan dengan baik. Hanya masalah-masalah kecil saja yang timbul misalnya dengan keyboard PS/2 yang kadang-kadang suka “ngambek” sehabis restart dan sistem tidak bisa bangun setelah sleep. Selain itu, suara, kartu jaringan, mouse PS/2, sata drive dan usb berjalan dengan lancar jaya.

Namun tiada masalah bukan berarti tanpa masalah. Dengan tiadanya masalah membuat masalah dengan rasa dan karsa dimana rasa yang diwakili oleh otak menjadi ingin dan karsa yang diwakili oleh tangan menjadi gatal. Kepingin ngoprek dan gatal untuk utak-utik :-D

Maka, mulailah dilakukan pencarian pencerahan atas hasrat yang berkecamuk di dalam pikiran dan tangan yang sudah semakin gatal. Hasilnya adalah MacOSXUpd10.5.5.dmg yang berukuran 316.9 MB yang sudah ngawe-awe untuk segera “digarap”. Dan segara ilmu saya cari dan tutorial update saya simpan supaya mudah dalam prosesnya dan sukses hasilnya.

Tapi apa mau dikata, ternyata semuanya tidak berjalan dengan baik :-P

Tutorialnya sudah benar, hanya saja saya kurang cepat melakukan eksekusi perintah yang diajarkan sehingga terjadi kernel panic dan sistem tidak bisa booting. Sudah kepalang basah, maka ilmu nyilem segera saya aplikasikan dan iDeneb v1.1 10.5.4 yang hadir dengan ukuran 4.38 GB yang diwakili oleh satu keping DVD installer menjadi salah satu pilihan.

iAtkos v4i menurut saya adalah release yang stabil terbukti sistem saya tidak bermasalah, namun kata orang iDeneb v1.1 lebih baik karena release-nya lebih baru dengan “boot loader” yang lebih baru pula. Dan dengan pertimbangan ilmu nyilem tadi saya menginstal iDeneb v1.1.

Instal pertama tidak sukses dan terpaksa bongkar-bongkar komputer, instal kedua juga tidak sukses dan harus bongkar-bongkar dan re-konfigurasi berbagai kemungkinan, instal ketiga juga tidak sukses :-( dan baru pada instal kelima dengan berbagai variasi kombinasi hardware akhirnya sukses :-D

About This Mac iDeneb v1.1 10.5.5

Setelah iDeneb v1.1 10.5.4 terinstal dengan baik, lalu mulai lagi gatal untuk update ke 10.5.5 karena percobaan pertama yang gagal. Dan kali ini dengan konsentrasi tinggi supaya lebih cepat dan sigap dalam menjalankan instruksi tutorial update ke 10.5.5 dan angin surgapun kemudian berhembus dengan liris kepada saya :-)

Dari semua uraian di atas, pokok inti yang saya dapatkan adalah bagaimana aktivitas backup adalah aktivitas yang sangat berguna melebihi apapun di dunia ini. Maka backuplah data anda dengan tertib sebelum utak-utik komputer dan pastikan data tersebut tersimpan dengan aman. Backuplah data anda sekarang atau anda akan menyesal apabila dengan tiba-tiba komputer anda hang setelah membaca postingan ini ;-)

 

10 Comments

h4rs  -  September 21st, 2008 at 6:13 pm

bener2 mantabs…. siap2 ngupdate :d

ngodod  -  September 21st, 2008 at 8:06 pm

apakah ini yang dinamakan “kompor meleduk..?”
jadi pengen nyoba…

kumandigital  -  September 22nd, 2008 at 8:17 am

mbok yo tuku sing asli ae… sak komputer2-e

hafidz  -  September 22nd, 2008 at 2:56 pm

wew… manatp!!! ada iDeneb segala. tambah katroo nih gak pernah utik-utak hackintosh….
maklum… fakir PC :D

sesy  -  September 22nd, 2008 at 3:50 pm

speechless
nek aku wis wegah. asli

harry  -  October 25th, 2008 at 4:21 pm

hik..hik… udah 7x gagal install iDeneb 10.5.5 , boot hang ampe screen apple abu2. mobo asus P5GC-MX, pentium D 925. Lancar jaya dengan iAtkos v4i.

d4rkcell  -  November 5th, 2008 at 9:19 am

Hahaha barusan saya download ideneb 10.5.5 dan lancar jaya diinstall di laptop gue…hehehe

aziz  -  December 15th, 2008 at 6:21 am

ideneb udah install juga.. tapi selalu minta di boot options cpus=1 kalo ga pasti lag..

ngalami juga gak?
btw spek na apa aja tuh ;)
more info pls..

wongpitu  -  January 6th, 2009 at 1:01 am

alh….terlalu melebih2kan saja…tinggal install saja kenapa harus repot2..???!

Leave a respond

isaac